Pedoman Penulis

Kami menerima Naskah Artikel Jurnal yang memenuhi batasan-batasan sebagai berikut:

  1. Naskah belum pernah diterbitkan atau dimuat di media lain.
  2. Naskah merupakan artikel hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), Tinjauan/Gagasan Ilmiah, atau Best Practice tentang Pendidikan Agam islam.
  3. Naskah diserahkan secara online melalui situs web Jurnal Al Qalam.
  4. Penulis daftar dan login untuk menyerahkan naskah.
  5. Pendaftaran secara online tidak dipungut biaya.
  6. Naskah jurnal ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris minimal memuat:
  • Judul: maksimal terdiri dari 14 kata, dengan ukuran 12 pt.
  • Nama penulis tanpa gelar (dapat ditulis oleh lebih dari satu orang), diletakkan dibawah judul disertai instansi dan alamat email.
  • Abstrak: ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris antara 150 sampai dengan 200 kata dan kata kunci maksimal enam kata. Untuk abstrak Bahasa Inggris diformat dengan Italic.
  • Pendahuluan: berisi justifikasi pentingnya penelitian dilakukan, masalah penelitian, serta secara singkat menggambarkan tinjauan teoritis tentang penelitian yang dilakukan, dan kebaruan yang dihasilkan sari penelitian ini.
  • Metode Penelitian: berisi jenis pendekatan atau metode yang digunakan, uraian data kualitatif dan/atau kuantitatif, prosedur pengumpulan data, dan prosedur teknik analisis data.
  • Hasil Penelitian: Isi dari hasil penelitian ini tidak boleh bersifat spekulasi, namun harus memenuhi aspek scientific merit(unsur what/how, why, dan what else), seperti: what/how yaitu deskripsi temuan (bukan menceritakan secara detail setiap angka pada tabel atau gambar, tetapi temuannya apa; why yaitu kajian saintifik dari temuan tersebut, keterkaitannya dengan konsep-konsep teori yang sudah ada, dan aspek-aspek saintifik lainnya sesuai dengan kekhasan bidang ilmunya; dan what else yaitu apakah hasil-hasil temuan tersebut sesuai atau tidak sesuai, lebih baik atau lebih tidak baik, dibandingkan dengan penelitian-penelitian sebelumnya.
  • Pembahasan: dimaksudkan untuk menginterpretasikan dan memaknai hasil penelitian sesuai dengan teori yang digunakan dan tidak sekedar menjelaskan temuan. Pembahasan harus diperkaya dengan merujuk atau membandingkan hasil-hasil penelitian sebelumnya yang telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah.
  • Simpulan dan Saran: merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian, dan diungkapkan dalam bentuk kalimat atau narasi yang konseptual dan berorientasi pada temuan utama.
  • Daftar Pustaka: berisi sumber rujukan berupa sumber primer seperti artikel di jurnal ilmiah, artikel di buku dari hasil penelitian, dan lain-lain yang bersifat karya asli.
  1. Pencantuman rumus, tabel, grafik, diagram, foto, gambar dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Rumus: Rumus diketik menggunakan MS Equation dan diberi nomor (di dalam kurung) disisi kanan.
  • Tabel: Nomor dan nama tabel ditempatkan ditengah, diatas kotak tabel.
  • Grafik, diagram, gambar: nomor dan nama ditempatkan ditengah di bawah objek.