PEMANFAATAN MUSALLA AL-BAROKAH SEBAGAI SARANA PENINGKATAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA

Authors

  • Parno B SMPN 29 Tanjung Jabung Timur

DOI:

https://doi.org/10.61816/jaq.v1i1.8

Keywords:

Musholla, Pemanfaatan

Abstract

Pembinaan agama merupakan salah satu cara untuk membentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki keterampilan, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Pembinaan agama dapat dilaksanakan melalui sarana pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal. Dari rumusan di atas dapat diambil pengertian bahwasanya pendidikan agama sangat urgen dalam proses pembangunan bangsa dalam mencapai tujuan nasional. Untuk dapat melaksanakan pembinaan agama secara optimal melalui pendidikan formal maka SMPN 29 Tanjung Jabung Timur didirikan Musholla untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan dikelas dengan adanya Musholla di Sekolah diharapkan pembinaan agama dapat dilaksanakan semaksimal mungkin sesuai dengan fungsi Musholla tersebut.

Pemanfaatan Musholla Sekolah Sebagai Sarana Pembinaan Agama yang dilakukan oleh siswa serta para majelis guru tidak sesuai dengan apa yang telah diprogramkan. Hal ini dapat dilihat dari sikap siswa yang acuh dalam pemanfaatan Musholla yang telah ada. Oleh karena itu penulis meneliti masalah ini dengan judul Pemanfaatan Musholla Al-Barokah Sebagai Sarana Pembinaan Agama Siswa SMPN 29 Tanjung Jabung Timur. Penulis mengemukakan permasalahan sesuai dengan perumusan dan gejala-gejala yang ada yaitu: Bagaimana Pemanfaatan Musholla All-Barokah Sebagai Sarana Pembinaan Agama Siswa di SMPN 29 Tanjung Jabung Timur dan faktor apa saja yang mempengaruhi pemanfaatan Musholla tersebut. Oleh sebab itu, pemanfaatan musholla sekolah sebagai sarana pembinaan agama siswa harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh supaya maksimal.

Author Biography

Parno B, SMPN 29 Tanjung Jabung Timur

Guru PAI

Published

2022-06-24

How to Cite

Parno B. (2022). PEMANFAATAN MUSALLA AL-BAROKAH SEBAGAI SARANA PENINGKATAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA. Al-Qalam: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.61816/jaq.v1i1.8