MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL MIND MAPPING PADA MATERI SEJARAH PERTUMBUHAN ILMU PENGETAHUAN PADA ZAMAN DAULAH ABASIYAH

Authors

  • Muhammad Yunus

Keywords:

Hasil Belajar PAI, Metode Mind Mappin

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tergolong masih rendah, salah satunya karena materi yang begitu banyak. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang dapat mengatasai masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI melalui penerapan metode mind mapping pada siswa kelas VIII.A SMPN SATAP 4 Tanjung Jabung Timur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A SMPN SATAP 4 Tanjung Jabung Timur yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) digunakan sebagai pedoman guru dalam mengajar, lembar observasi untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI dengan metode mind mapping, lembar angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode mind mapping, studi dokumentasi untuk memperkuat data yang diperoleh, dan soal tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VIII.A SMPN SATAP 4 Tanjung Jabung Timur. Peningkatan tersebut dilaksanakan melalui modifikasi tindakan berupa: penyampaian materi dengan metode mind mapping yang dimodifikasi, siswa mencari kata kunci berdasarkan materi bacaan, siswa membuat mind map dengan bimbingan guru, siswa mempresentasikan hasil mind map. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh pada setiap akhir siklus menunjukan peningkatan hasil belajar PAI. Pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 26,08% (pra tindakan 34,78%, siklus I 60,86%) dengan nilai rata-rata kelas 74,73. Pada siklus II menglami peningkatan sebesar 30,44% (siklus I 60,86%, siklus II 91,3%) dengan nilai rata-rata kelas 86. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan sampai siklus II dapat diakumulasikan sebesar 56,52%.

Author Biography

Muhammad Yunus

Tenaga Pendidik

Published

2022-06-24

How to Cite

Muhammad Yunus. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL MIND MAPPING PADA MATERI SEJARAH PERTUMBUHAN ILMU PENGETAHUAN PADA ZAMAN DAULAH ABASIYAH. Al-Qalam: Jurnal Imiah Pendidikan Islam, 1(1), 33–42. Retrieved from http://jurnalalqalam.com/index.php/alqalam/article/view/9