UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PRILAKU JUJUR DAN MENEPATI JANJI DENGAN MENERAPKAN MODEL DRILL

Authors

  • Darmisani

Keywords:

Drill, Hasil Belajar, PAI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari penerapan metode Drill dalam penelitian tindakan kelas kali ini. dengan maksud apakah metode tersebut dapat berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang awalnya memiliki hasil belajar yang jauh dari kriteria ketuntasan yang saat itu masih menggunakan metode pembelajaran konvensional atau metode ceramah. Karena penerapan metode yang tepat sangat mempengaruhi keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Sebaliknya, kesalahan dalam menerapkan metode dalam pembelajaran akan berakibat fatal. Subjek penelitian kali ini adalah siswa kelas IX SMPN 5 Tanjung Jabung Timur yang berjumlah 27 orang.

Metode yang digunakan yaitu jenis penelitian tindakan kelas. Siklus pada penelitian ini berlangsung selama tiga kali, yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Selama penerapan metode Drill, siswa diarahkan untuk melakukan bebrapa kegiatan selama pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah dalam metode tersebut. Siswa diberikan nomor pada tiap-tiap siswa dalam beberapa kelompok, kemudian diberikan sebuah pertanyaan atau sebuah permasalahan yang akan dibahas dalam kelompok tersebut, kemudian dalam sesi pertanyaan/kuis guru menunjuk salah satu nomor untuk menjawabnya dan tahap akhir kemudian soal tersebut dibahas secara bersama-sama.

Hasil dari penelitian ini berupa adanya kenaikan hasil belajar secara siknifikan pada tiap siklus. Hasil pra siklus dari hasil belajar siswa sebelum diterapkan metode drill adalah mencapai nilai rata-rata 58,33. Sedangkan siswa yang tuntas mencapai 16,67% atau hanya 5 siswa dari keseluruhan siswa 30 siswa. Siswa yang belum tuntas sebanyak 25 siswa atau 83,33%.. Siklus I, sudah menerapkan model pembelajaran drill dan memperoleh nilai rata-rata dari hasil belajar siswa tersebut sebesar 73,83. Siswa yang lulus dalam siklus I sebanyak 15 siswa atau sekitar 50% sedangkan persentase ketidakkelulusan siswa adalah 50% atau sebanyak 15 siswa. Pada siklus II, nilai rata-rata sebesar 82,67, dengan jumlah siswa yang lulus sebanyak 24 siswa atau sekitar 80%. Sedangkan siswa yang belum tuntas telah turun menjadi 6 siswa, atau dipresentasikan sebesar 20%. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI materi perilaku jujur dan menepati janji hingga mencapai kriteria yang ditentukan.

Author Biography

Darmisani

Tenaga Pendidik

Published

2022-06-24

How to Cite

Darmisani. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PRILAKU JUJUR DAN MENEPATI JANJI DENGAN MENERAPKAN MODEL DRILL. Al-Qalam: Jurnal Imiah Pendidikan Islam, 1(1), 92–100. Retrieved from http://jurnalalqalam.com/index.php/alqalam/article/view/15