PENGUNAAN METODE TRUE OR FALSE DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI QALQALAH DAN RA

Authors

  • Fauziah

Keywords:

Strategu True or False, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan  yaitu mengetahui pengaruh dan keberhasilan dari strategi pembelajaran true or false untuk meningkatkan belajar siswa di kelas VIII yang pada awalnya memilikinilai rata rata jauh dari rata rata nilai ketuntasan minimum,serta permasalahan – permasalahan lain yang di temukan dalam kelas saat pembelajaran seperti kurangya keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar Selama pembelajaran PAI berlangsung,oleh karena itu,peneliti mencoba  mengunakan  strategi pembelajaran true or  false  dengan alas an dengan meningkatkan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian dari pra siklus,siswa masih cenderung diam saat pembelajaran dan hanya beberapa siswa yang aktif, hasil dari tes tertulis yang di peroleh juga masih banyak yang jauh di bawah kkm yaitu nilai rata ratanya masih 59,83%,yaitu dari 30 siswa hanya 8 yang lulus, pada siklus 1 telah di terapkan strategi true of false,siswa mulai belajar dengan metode alur pembelajaran baru serta mulai aktif dalam pembelajaran hasil dari siklus 1 mengalami kenaikan rata rata 74.83% siswa yng lolos mencapai 12 orang daro 30 siswa.dalam siklus ke 2 telah terbiasa dengan pembelajaran diskusi kelompok dan aktif dalam strategu true or false hasil dari tes tertulis  diperileh rata rata  81.33 % dengan kelulusan 23 yang lulus dari 30 siswa.

Author Biography

Fauziah

Tenaga Pendidik

Published

2022-06-24

How to Cite

Fauziah. (2022). PENGUNAAN METODE TRUE OR FALSE DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI QALQALAH DAN RA. Al-Qalam: Jurnal Imiah Pendidikan Islam, 1(1), 72–83. Retrieved from http://jurnalalqalam.com/index.php/alqalam/article/view/13