UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA KRAMA, SOPAN SANTUN, DAN RASA MALU DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN

Authors

  • Muhammad Subli

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Bermain Peran, Pendidikan Agama islam

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan untuk perbaikan terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Tanjung Jabung Timur. Pembelajaran didesain dengan metode bermain peran.

Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes tertulis, wawancara dan angket terhadap peserta didik. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas bermain peran peserta didik. Tes tertulis dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan persentase peserta didik. Wawancara dilakukan untuk mengetahui sejauh mana respon peserta didik dalam pembelajaran.

Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian metodologi yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Adapun yang menjadi sampel penelitian adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 6 Tanjung Jabung Timur, yang terdiri dari 30 orang peserta didik, 9 orang perempuan dan 21 orang laki- laki. Penelitian tindakan kelas ini menerapkan pembelajaran metode bermain peran dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik (2) untuk mengetahui persentase hasil belajar peserta didik (3) untuk mengetahui respon peserta didik (4) untuk mengetahui suasana pembelajaran dan (5) untuk mengetahui aktivitas guru selama proses pembelajaran berlangsung.

Hasil temuan penelitian yang diperoleh adalah: (1) Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan dari siklus ke siklus. Pada siklus I aktivitas peserta didik menunjukkan skor 74,7%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 84,1%, (2) Respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan metode bermain peran ini, mereka menyatakan sangat menyenangkan, tidak jenuh dan mudah memahaminya. (3) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang tergambar dalam perolehan persentase. Perolehan nilai persentase pada siklus I adalah 36,7% dengan ketuntasan peserta didik berjumlah 11 orang, pada siklus II meningkat menjadi 80 % dengan ketuntasan peserta didik berjumlah 24 orang. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar peserta.

Author Biography

Muhammad Subli

Tenaga Pendidik

Published

2022-06-24

How to Cite

Muhammad Subli. (2022). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA KRAMA, SOPAN SANTUN, DAN RASA MALU DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN . Al-Qalam: Jurnal Imiah Pendidikan Islam, 1(1), 43–52. Retrieved from http://jurnalalqalam.com/index.php/alqalam/article/view/10